Antara Memilih KPR Syariah dan KPR Konvensional

Posted on

Cara memiliki rumah impian dapat juga dengan melakukan kredit perumahan, namun masih banyak masyarakat yang bingung antara memilih KPR Syariah dengan KPR Konvensional. Untuk itu artikel kali ini akan membahas perbedaan dan keunggulan masing-masing antara KPR Syariah dan KPR Konvensional.

Pengertian KPR Syariah

KPR Syariah adalah kredit pemilikan rumah yang dikeluarkan oleh bank-bank syariah dimana pembiayaan kepemilikan rumah dilakukan dengan cara murabahah atau pembayaran dilakukan secara meng-angsur dengan jumlah angsuran yang telah ditetapkan di muka dan dibayar setiap bulan oleh debitur kpr.

Pengertian KPR Konvensional

Kpr Konvensional adalah kredit kepemilikan rumah bagus dengan metode bunga, suatu fasilitas kredit yang diberikan oleh perbankan kepada para nasabah perorangan yang akan membeli atau memperbaiki rumah dengan tingkat suku bunga tertentu yang sifatnya bisa fluktuatif atau naik-turun dan cicilan yang berubah-ubah menyesuakan dengan tingkat suku bunga bank Indonesia.

KPR Syariah dan KPR Konvensional

Yang membedakan antara KPR Syariah dan KPR Konvensional

Letak perbedaan utama antara KPR Syariah dan KPR Konvensional terletak pada awal pemberian kredit/akadnya, jika pada KPR konvensiaonal didasarkan pada tingkat suku bunga bank indonesia yang sifaktnya fluktuatif, KPR syariah lebih sering menggunakan akad Murabahah atau skema jual beli. Bank syariah akan membeli rumah sehat yang diinginkan oleh nasabah(anda) , kemudian menjualnya kembali kepada nasabah(anda). Harga jualnya sudah ditambah margin keuntungan yang sudah disepakati antara bank syariah dan Anda. Jadi bank syariah dengan KPR syariahnya tidak mengambil bunga kepada pemegang KPR.

Keunggulan KPR syariah adalah:

– Cicilan/angsuran tetap yang harus dibayarkan tidak berubah sampai waktu yang telah ditetapkan

– Tidak ada Pinalty saat terjadi keterlambatan pembayaran cicilan KPR

– Cicilan per bulan tidak akan naik walau tingkat suku bunga bank indonesia mengalami kenaikan, jadi anda tetap membayar sesuai jumlah angsuran yg telah ditetapkan sebelumnya

Jadi jika anda ingin mengambil KPR, kami sarankan anda lebih hati-ati dalam memilik produk yang akan digunakan karena antara KPR Syariah dan KPR Konvensional tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing masing.

Gravatar Image
Pemuda yang lahir di Jakarta dan punya impian untuk terbang kemekkah dan keliling dunia, saya gemar berinternet dan mencari informasi yang baru. Jika ingin lebih mengenalnya saya kunjungi Google