Hitung Biaya Notaris Yang Harus Di Bayar

Posted on

Rumahfit.com – Saat anda membeli sebuah rumah atau apartement biasanya anda akan dihubungkan dengan seorang notaris atau pejabat pembuat akte tanah /PPAT. Namun berapa biaya yang harus anda bayar dan apa saja yang termasuk dalam biaya tersebut?Yuk hitung biaya notaris disini..

Hitung Biaya Notaris

Hitung Biaya NotarisBerapa uang yang harus anda keluarkan untuk membayar notaris saat membeli sebuah rumah atau tanah menjadi hal yang harus anda pikirkan. Jika anda membeli sebuah rumah melalui kredit bank/KPR tentu jasa notaris sudah disiapkan oleh pihak bank dengan harga yang sudah distandarisasi mereka jadi anda tidak perlu khawatir takut kemahalan. Berikut ini cara hitung biaya notaris (minimalis) jika anda membeli sendiri tanah/rumah:

  • Biaya cek sertifikat: Rp100 ribu
  • Biaya validasi pajak: Rp200 ribu
  • Biaya akte jual beli / AJB : Rp2.400.000
  • Biaya balik nama /BBN: Rp750.000 total minimalis biaya yang harus anda keluarkan untuk membayar jasa Notaris adalah: Rp. 3.450.000

Kenapa perlu membayar jasa Notaris diatas?

1. Cek sertifikat: hal ini diperlukan untuk memastikan apakah sertifikat tanah/rumah tersebut asli atau palsu.

2. Validasi pajak : hal ini juga perlu untuk memastikan sudah dibayar atau belum pajak rumah/tanah, atau bukti pembayaran pajaknya ternyata palsu.

3. Akte Jual beli: adalah yang harus dikeuarkan untuk mengurus segala berkas-berkas sampai selesai dan anda tinggal tanda tangan.

Dengan mengetahui/ hitung biaya notaris tentunya anda jadi tau berapa total biaya yang harus dikeluarkan saat membeli sebuah tanah/rumah.

Itu saja yang dapat kami sampaikan tentang cara hitung biaya notaris saat transaksi jual beli tanah/bangunan. Semoga dapat bermanfaat.

Gravatar Image
Pemuda yang lahir di Jakarta dan punya impian untuk terbang kemekkah dan keliling dunia, saya gemar berinternet dan mencari informasi yang baru. Jika ingin lebih mengenalnya saya kunjungi Google