Uang Muka KPR Dihapus

Posted on

rumahfit.com – Masyarakat menengah kebawah semakin mudah memeiliki rumah dengan adanya rencana penghapusan uang muka KPR untuk rumah bersubsidi oleh pemerintah. Langkah tersebut diambil pemerintah mengingat akan adanya kenaikan harga rumah sebesar 15-25% pada tahun depan.

Uang muka KPR rencananya dihapus

Uang Muka KPR DihapusPemerintah berencana melakukan penghapusan uang muka kredit rumah bersubsidi untuk penduduk penghasilan rendah guna antisipasi dampak kenaikan harga rumah bersubsidi yang akan dilakukan. Menpera Djan Faridz mengatakan, pemerintah sedang mengusulkan uang muka rumah bersubsidi menjadi nol persen alias bebas DP. Dengan begitu menurutnya masyarakat berpenghasilan rendah dapat menjangkau kredit rumah tinggal.

Langkah pemerintah dalam upaya penghapusan uang muka KPR rumah bersubsidi juga didukung oleh 2 bank nasiaonal antara lain BRI sayriah dan BTN. Bank BRI Syariah dan Bank Tabungan Negara sudah memberlakukan uang muka rumah nol persen untuk kredit rumah bersubsidi.

Dikutip dari Kompas, berikut pernyataan perwakilan bank tentang uang muka KPR 0 persen

Department Head Consumer Financing Business Development Department BRI Syariah Januar Armansyah mengatakan, penghapusan uang muka KPR bersubsidi sudah berlangsung sejak Agustus 2013. Untuk dapat merasakan uang muka KPR rumah subsidi 0% itu mensyaratkan/konsumen memiliki tabungan dalam nominal tertentu yang tidak boleh diambil selama jangka waktu tertentu sesuai tenor pinjaman. Dicontohkan, untuk jangka pinjaman 15 tahun, nasabah KPR bersubsidi wajib memiliki tabungan tetap minimal Rp 3,6 juta.

Sementara itu, Kepala Divisi KPR Subsidi BTN Banu Pratomo mengemukakan, pihaknya selama ini sudah memberlakukan uang muka KPR rumah bersubsidi 0% untuk peserta Jamsostek dan Bapertarum. Hal ini disebabkan kedua badan tersebut telah memberikan bantuan uang muka bagi pesertanya.

Dan semoga saja langkah yang ditempuh pemerintah dengan penghapusan uang muka KPR dapat membantu masyarakat miskin memiliki rumah tinggal yang layak dan sehat untuk keluarga mereka.

Gravatar Image
Pemuda yang lahir di Jakarta dan punya impian untuk terbang kemekkah dan keliling dunia, saya gemar berinternet dan mencari informasi yang baru. Jika ingin lebih mengenalnya saya kunjungi Google