Mengukur Kapasitas AC Sesuai Luas Ruangan

Posted on

rumahfit – Air Conditioning atau Penyejuk udara epertinya sudah menjadi kebutuhan wajib ada pada tiap rumah di perkotaan, terlebih untuk mereka yang tinggal diata gedung tinggi. AC atau penyejuk udara memang bisa membantu menghilangkan hawa panas dalam ruangan dan membuat sebuah ruang jadi sejuk sehingga orang akan meraasa nyaman dalam beraktivitas sehari-hari.

Saat ini banyak sekali merk dan jenis AC yang ditawarkan kepada calon konsumen. Tapi, jangan hanya berpatokan pada produk-produk baru dari merk ternam aja yang sedang ditawarkan. Pilihlah penyejuk udara yang memang sesuai dengan kebutuhan ruangan Anda.

Tentu saja untuk mendapatkan ukuran AC yang sesuai, kita harus mengetahui bearan PK yang dibutuhkan sesuai dengan luas ruang di mana AC digunakan kelak. Anda tidak boleh terlena akan AC hemat energi tapi kapasitas pendinginannya lebih rendah dari kebutuhan ruangan yang akan dipasang. Karena nantinya AC tersebut akan bekerja lebih keras daripada seharusnya.

Untuk mengukur berapa kapasitas PK ac yang dibutuhkan angatlah penting karena di pasaran tersedia AC dengan banyak tingkat PK, mulai dari ½, ¾, 1, 1½, 2, hingga 2½. Untuk memilih ukuran PK pendingin udara mana yang tepat, begini cara menghitungnya.

Mengukur Kapasitas AC Sesuai Luas Ruangan Pertama Ukur luas ruangan yang akan dipasang AC.
Kedua Hitung nilai BTU dengan rumus ini: BTU = Luas ruang x 500 BTU

Cocokan nilai BTU tersebut dengan data tabel di bawah ini. Jika nilai BTU melebihi dari batas maksimal sebuah ukuran PK, artinya pasang AC dengan PK di atasnya.
Sebagai contoh, untuk ruang seluas 12m2, maka perhitungannya BTU-nya: 12 x 500 BTU = 6.000 BTU. Maka AC yang cocok digunakan untuk ruang tersebut sebesar ¾ PK.

Gravatar Image
Pemuda yang lahir di Jakarta dan punya impian untuk terbang kemekkah dan keliling dunia, saya gemar berinternet dan mencari informasi yang baru. Jika ingin lebih mengenalnya saya kunjungi Google